Senin, 09 Juli 2012

Memunculkan , Mendefaultkan, Mengebalikan Grub Debian

Saya menginstall debian squeeze pada my lappi. sebenarnya saya migrasi dari ubuntu ke mbah nya (debian), ini disebabkan tuntutan pekerjaan, dan saya menggunakan dua OS dengan microsof, tetapi pada saat instalasi selesai, grub tidak menampilkan microsoft xp, hanya debian.  tanya sini sana malah buat saya binggung karena dasar linux yang kurang.  akhir nya saya berselancar dengan papan selancar yang paling jitu, apa lagi klo bukan mbah google. teryata dari sekian banyak situs, hanya debianuxer yang menawarkan cara paling gampang yaitu cukup dengan membuka terminal lalu ketikan:
#update-grub2
lalu reboot ,  miekocok telah nonggol..  :-D


Apabila kita ingin merubah salah satu dari OS yang ada di grub sebagai default maka cukup membuka terminal lalu ketikan:
#nano /boot/grub/grub.cfg
ingat, OS yang ingin di default kan berada pada urutan ke berapa di grub, dihitung dari 0 bukan dari 1. Bila kita menggunakan hanya dua OS dengan microsoft maka biasanya microsoft berada pada urutan paling akhir ya itu 2, lalu edit set 
default = "0"
menjadi 
set default= "2"
Selesai


Apabila grub hilang dikarenakan beberapa hal, misalkan karena menginstal ulang os microsoft, maka cara mengembalikan grub debian cukup dengan:

1. Gunakan DVD1 Debian, kemudian boot dari CD-ROM, pilih menu RESCUE MODE
2. Ikuti proses seperti instalasi biasa, kemudian pada saat pilihan instalasi  
   boot loader, maka lakukan instalasi dan tempatkan di /dev/sda.
3. Kemudian pilih menu untuk ke shell prompt dengan memilih menu execute shell 
   prompt, pilih partisi root Debian yaiut /dev/sda3
4. setelah di shell, maka ketikkan update-grub2
5. Reboot komputer, maka grub sudah terinstall.
selesai


sumber : http://debianuxer.blogspot.com

1 komentar:

  1. This is my first time visit at here and I am really impressed to read everything in alone place. How To Lock Files When Nobody Else Will.

    BalasHapus

Share